4+ Cara Menanam Wortel Dengan Benar

Cara menanam wortel. Artikel ini akan sangat cocok buat anda yang sedang mencari informasi atau anda yang sedang belajar menanam wortel dengan benar. Wortel adalah salah satu jenis yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh kita terutama mata kita dengan kandungan vitamin A pada wortel.

Wortel sendiri sering digunakan sebagai tambahan sayuran dalam masakan. Tidak jarang pula wortel dijadikan jus sebagai program kesehatan atau diet. Wortel yang kaya akan vitamin A dan C ini memiliki bebrapa jenis menurut bentuknya. Berikut macam-macam wortel :

  • Wortel imperior, Wortel dengan bentuk bulat panjang serta memiliki ujung yang lancip.
  • Wortel chantenay, Bentuk wortel sama dengan jenis imperior akan tetapi umbinya bersih dari akar serabut serta ujung yang cenderung bulat.
  • Nantes jenis wortel ini adalah campuran dari dua jenis diatas.

Sebelum memulai pembahasan utama cara menanam wortel yang baik berikut hal-hal yang perlu anda tau tentang syarat tumbuh wortel :

Tanaman wortel dapat tumbuh di dataran rendah, sedang hingga ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut. Untuk ukuran suhu tentunya tidak menjadi halangan buat anda, karena jenis sayur ini dapat tumbuh dengan optimal baik pada musim hujan maupun musim kemarau. Untuk lahan yang baik bagi pertumbuhan wortel adalah tanah yang memiliki tekstur gembur serta subur dengan kandungan ph kurang lebih 6-7. Apabila ph tanah anda kurang dari 5 anda perlu melakukan  pengapuran dengan menggunakan dolomite.

Cara Menanam Wortel Dengan Mudah

Berikut langkah-langkah mudah menanam wortel di lahan yang luas.

1.Persiapan lahan

Gemburkan lahan sedalam kurang lebih 40 cm menggunakan garpu taman, cangkul atau bisa juga dibajak untuk mempercepat proses penggemburan. Buat bedengan dengan tinggi 20-30 cm. Dalam pembuatan bedengan anda juga bisa menambah pupuk kandang serta pupuk kompos dicampur sampai merata.

Baca juga :

Pastikan lahan sudah gembur, karena wortel tidak bisa tumbuh dengan baik diatas tanah yang keras. Setelah bedengan selesai dengan meratanya pupuk dasar, langkah selanjutnya buat larikan datas bedengan sedalam 5 cm.

2. Pemilihan bibit berkualitas

Agar hasil panen dalam menanam wortel melimpah tentunya tak lepas dari pemilihan bibit berkualitas. Anda bisa membeli bibit berkualitas di toko pertanian. Sebelum anda membeli hal yang perlu diperhatikan ialah waktu expired bibit serta terdapat logo resmi dari dinas pertanian dan bungkus pada bibit tidak rusak atau sobek.

3.Menanam bibit wortel

Setelah lahan sudah siap serta bibit berkualitas sudah anda dapatkan langkah selanjutnya adalah proses menanam wortel. Tidak seperti menanam terong yang butuh penyemaian sebelum ditanam, menanam wortel bisa langsung ditanam pada media tanam utama. Taburkan biji wortel di larikan yang sudah anda buat dan pastikan biji tidak ada yang menempel satu sama lain. Setelah penaburan biji selesai tupup kembali larikan yang sudah anda tanami bibit dengan menggunakan tanah, tutup secara tipis. Siram dengan percikan air untuk menjaga kelembaban tanah.

4. Pemeliharaan serta pemupukan

Supaya hasil maksimal dalam proses pemanenan wortel tentunya membutuhkan perawatan yang baik. Salah satunya yaitu dengan menaburkan pupuk organik secara merata. Hal itu bertujuan agar tanaman wortel dapat tumbuh dengan optimal.

Anda juga bisa memberikan pupuk non organik yaitu dengan mencampurkan pupuk urea dengan KCL dengan perbandingan 2:1 dengan dosis 300kg /ha.

penyiangan serta penjarangan tak kalah pentingnya supaya tanaman wortel dapat tumbuh dengan sempurna. Penyiangan dilakukan dengan membersihkan rumput gulma di sekitar tanaman Seminggu setelah tanam, Hal itu bermanfaat supaya kandungan unsur hara yang terdapat pada tanah terserap dengan sempurna oleh tanaman utama. Penjarangan dilakukan dengan membuat jarak tanam menjadi 5-10 cm.

5. Pengendalian hama dan penyakit

Jenis hama yang sering menyerang tanaman wortel yaitu ulat tanah dan ulat daun. Pengendalian ulat tanah bisa anda lakukan dengan membuang sarang ulat tersebut sembari membersihkan lahan dari tanaman gulma. atau anda bisa menyemprotkan larutan pestisida jenis furadan.

Kutu daun menyerang bagian daun hama ini menyerang dengan menyerap nutrisi yang terdapat pada daun sehingga menyebabkan daun rusak serta menguning. Pengendalian hama ini bisa dengan cara manual yaitu dengan pemangkasan daun yang terkena penyakit agar tidak menyebar ke tanaman lain. Apabila serangan hama ini terlalu parah anda bisa menyemprotkan insektisida sesuai dengan dosis.

Penyakit yang sering meyerang tanaman wortel yaitu bercak daun serta bintil akar. Bercak daun biasanya ditandai dengan muncul bercak coklat serta pinggiran daun yang meenghitam. Pengendalian penyakit ini bisa dnegan pemilihan bibit berkualitas atau dengan menjaga kebersihan serta kesuburan tanah.

Jenis penyakit bintil akar biasanya menyerang bagian umbi dengan ciri-ciri terdapat benjolan-benjolan pada umbi tak beraturan. Pengendalian jenis penyakit ini bisa anda lakukan dengan menyemprotka bahan kimia yang mengandung nematosida.

6. Pemanenan tanaman wortel

4+ Cara Menanam Wortel Dengan Benar

Setelah proses panjang serta menguras banyak tenaga saat yang dinantikan yaitu menikmati hasil panen. Proses pemanenan sendiri dapat anda lakukan setelah usia tanam 3 bulan. Hal yang perlu diperhatikan adalah saat pemanenan diharapkan tidak terlalu tua karena wortel yang terlalu tua umbi akan keras serta mengurangi rasa.

Cara memanen wortel sendiri sangat mudah anda hanya perlu mencabut wortel kemudian cuci dengan air bersih. Daun wortel bisa langsung dibuang atau bisa dibiarkan begitu saja tergantung permintaan pasar.

Cara Membuat Bibit Wortel Unggul

Setelah anda tau proses menanam wortel dengan baik, mari kita bahas bagaimana cara membuat bibit wortel yang berkualitas. Hal ini tentunya dapat mengurangi anggran anda apabila anda bisa membuat bibit wortel unggul sendiri. Simak dengan seksama penjelasan dibawah ini.

  1. Wortel yang dijadikan calon bibit memiliki produktifitas yang tinggi.
  2. Dapat beradaptasi dengan baik dengan daerah anda.
  3. Memiliki warna yang cerah serta sehat tanpa adanya penyakit.
  4. Memiliki umur 100 hari setelah panen.
  5. Ukuran ubi yang besar serta lurus tidak bercabang.
  6. Potong ujung ubi kurang lebih 1/3 bagian
  7. Pangkas daun ubi dengan menyisakan kira-kira 10 cm dari pangkal ubi
  8. Siapkan bedengan seperti anda menanam wortel, taburkan pupuk trichompos dan diamkan selama 7 hari.
  9. Tanam ubi pada media yang sudah anda siapkan.
  10. Siram dengan campuran trichoderma+air+ZPT organik setiap dua minggu sekali.
  11. Siram dua kali sehari pada musim kemarau. Waktu penyiraman setiap pagi dan sore hari
  12. Umumnya wortel akan berbunga setelah umur benih 1 bulan setelah tanam dan akan mekar sempurna setelah 2 bulan.
  13. Bunga wortel yang sudah tua serta kering mempunyai warna coklat siap dipanen dengan cara di petik.
  14. Remas bunga wortel menggunakan tangan hingga bijinya terkelupas dari kelopak bunga.
  15. Simpan dalam plastik serta ditutup rapat. Anda bisa memberikan nama atau tanggal dan jenis bibit dari varietas mana agar tidak tercampur dengan bibit jenis lain.

Itulah ulasan dari saya mengenai cara menanam wortel agar mendapt hasil yang berkualitas serta berlimpah. Semoga bermanfaat untuk anda.

Salam sejahtera untuk anda dan keluarga anda.

 

 

Leave a Comment